Dompet Dhuafa Gagas Program Sampah Jadi Bahan Bakar

Metrotvnews.com, Jakarta: Dompet Dhuafa menggagas program Ubah Plastik Jadi Bahan Bakar dalam ulang tahunnya yang ke-21. Program tersebut berupaya memanfaatkan teknologi tepat guna yang ramah lingkungan untuk mengubah sampah plastik menjadi minyak cair.

GM Fundraising Dompet Dhuafa Urip Budiarto menyatakan bahwa program tersebut merupakan bagian dari upaya pemberdayaan masyarakat. Kegiatan pengolahan sampah plastik akan dilaksanakan di TPA Galuga, Bogor, dan dimulai pada Oktober mendatang.

Pihaknya berencana menggandeng 300 pemulung dan 30 pengepul sampah plastik di wilayah tersebut untuk menyediakan sampah plastik sebagai bahan baku produksi bahan bakar cair itu.

“Kami sudah membeli lahan untuk pabrik tidak jauh dari situ. Teknologi yang digunakan juga tidak akan mengeluarkan polusi sehingga ramah lingkungan. Kami yakin masyarakat tidak akan menolak program ini,” ujar Urip kepada Media Indonesia saat ditemui di acara “Ramadan Berbagi Bersama The Body Shop” di Jakarta.

Program tersebut bekerjasama dengan Center of Waste Management Indonesia (CWMI) terkait penerapan teknologi pengolahannya. Pendiri CWMI Bayu Indrawan menerangkan bahwa alat yang dipergunakan menerapkan metode pemanasan, bukan pembakaran.

Sampah plastik nantinya akan dimasukkan ke dalam reaktor dan kemudian dipanaskan hingga 300 derajat untuk mengubahnya menjadi minyak mentah cair. Proses pemanasa terus dilanjutkan hingga berubah menjadi gas dan selanjutnya didinginkan ke suhu antara 80-100 derajat celcius.

“Hasilnya nanti akan menjadi bahan bakar cair yang kualitasnya setara dengan bensin atau solar,” sahut Bayu.

Pembangunan pabrik yang berkapasitas produksi 500 liter sehari itu baru mencapai 70%. Modal yang dibutuhkan untuk program tersebut mencapai Rp1 miliar yang dikumpulkan melalui donasi dari para donatur dan sponsor. Salah satunya dengan menggalang kerjasama dengan The Bodyshop Indonesia untuk membuka donasi kasir.

“Customer akan diajak berinfak melalui kasir. Program ini rencananya akan berakhir di bulan Agustus mendatang,” tukas GM Corporate Communication The Bodyshop Indonesia Rika Anggraini. (Dinny Mutiah)

sumber: metrotvnews.com

Kontak Kami

Center of Waste Management Indonesia
Waste Treatment Center - Giriloka 1 & 2
Giriloka 1, Blok L, BSD City, Tangerang Selatan
Banten, 15322, Indonesia
  • Telp.: +62-21-29505871 / +62-21-29168714

Subscribe

Silahkan masukan alamat email anda untuk selalu update berita, kegiatan dan aktifitas dari Center of Waste Management Indonesia

Jejaring Sosial