Existing / Conventional Technologies

1.   Digester, Biogas, Bioelektrik

Biogas merupakan salah satu jenis biofuel, bahan bakar yang bersumber dari makhluk hidup dan bersifat terbarukan. Teknik pemanfaatan biogas yang banyak berkembang di Indonesia merupakan teknik pemanfaatan biogas secara sederhana. Untuk memperoleh biogas dari bahan organik, diperlukan alat yaitu Digester Biogas/Biodigester, yang bekerja dengan prinsip menciptakan suatu tempat penampungan bahan organik pada kondisi anaerob (bebas oksigen) sehingga bahan organik tersebut dapat difermentasi oleh bakteri metanogen untuk menghasilkan biogas. Biogas yang timbul kemudian dialirkan ke tempat penampungan biogas sedangkan lumpur sisa aktifitas fermentasi dikeluarkan lalu dijadikan pupuk alami yang dapat dimanfaatkan untuk usaha pertanian maupun perkebunan

Skema Pemanfaatan Biogas

 

2.   Komposter Pengolah Sampah

Menurut SNI T-13-1990-F tentang Tata Cara Pengelolaan Teknik Sampah Perkotaan, pengomposan didefiniskan sebagai sistem pengolahan sampah organik dengan bantuan mikroorganisme sehingga terbentuk pupuk organik. Pengomposan sampah didefinisikan sebagai proses dekomposisi sampah organik mikroorganisme dalam kondisi aerobik terkendali menjadi produk kompos.

 

Sebagai salah satu komponen pengelolaan sampah, maka pengomposan merupakan upaya untuk mengurangi volume sampah atau merubah komposisi dan bentuk sampah menjadi produk yang bermanfaat. Pengolahan sampah tersebut dapat dilakukan langsung pada sumbernya, pada tempat yang dirancang khusus, di TPS atau di TPA.

 

Proses pengomposan dapat terjadi secara aerobik atau anaerobik. Salah satu metode pengomposan yang banyak dipakai yaitu metode windrow composting. Hasil penelitian menyatakan bahwa sistem ini akan mengurangi volume sampah organik menjadi sepertiga volume semula dan berat sampah berkurang sampai 50% dari berat semula.

Kompos mempunyai banyak manfaat dilihat dari beberapa aspek, antara lain :

 

a.     Aspek ekonomi
    •   Menghemat biaya untuk transportasi dan penimbunan sampah
    •   Mengurangi volume sampah
    •   Memiliki nilai jual yang lebih tinggi daripada bahan asalnya

 

b.      Aspek lingkungan
      •   Mengurangi polusi udara karena pembakaran sampah
      •   Mengurangi kebutuhan lahan pembuangan akhir

 

 

Komposter Sederhana

 

3.   Kompor Briket Sampah

4.   Penyimpanan & Pengangkutan Sampah yang Inovatif dan Terintegrasi (Bak/Tempat Sampah, Truk Sampah, Press Loader, dll)

Pedoman penyimpanan dan pengangkutan sampah terdapat dalam SNI 19-2454-2002 tentang Tata Cara Teknik Operasional Pengelolaan Sampah Perkotaan. Beberapa standar harus terpenuhi, dilihat dari aspek kesehatan, estetika, dan ekonomi. 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pewadahan sampah seperti : lama penyimpanan sampah, tipe material wadah, serta kelengkapan wadah sampah. Pada negara-negara maju, umumnya jenis pewadahan sampah yang digunakan sudah terklasifikasi berdasarkan pemanfaatan sampahnya. Sayangnya, hal tersebut belum terlalu banyak diimplementasikan di negara-negara berkembang seperti di Indonesia. Masyarakat di Indonesia belum terlalu peduli untuk memilah sampah sejak dari sumbernya.

Pewadahan Terpilah

Sistem pengangkutan/pengumpulan sampah menurut cara operasinya ada dua cara, yaitu sistem kontainer diangkut dan kontainer tetap. 

- Hauled Container System, yaitu sistem pengumpulan dengan menggunakan container yang dapat dipindahkan (movable). Pada sistem ini terlihat bahwa terdapat alur dimana container yang sudah penuh digerakkan ke arah transfer depo untuk dilakukan pemindahan sampah, ketika kosong container dipindahkan kembali ke tempat semula.

- Stationery Container System, yaitu sistem pengumpulan dengan menggunakan container yang tidak dapat dipindahkan, sehingga sampah yang ada dijemput oleh kendaraan pengangkut. Pada sistem ini terlihat bahwa container yang tidak bergerak tersebut ketika penuh muatannya dipindahkan ke kendaraan pengangkut.

Kontak Kami

Center of Waste Management Indonesia
Waste Treatment Center - Giriloka 1 & 2
Giriloka 1, Blok L, BSD City, Tangerang Selatan
Banten, 15322, Indonesia
  • Telp.: +62-21-29505871 / +62-21-29168714

Subscribe

Silahkan masukan alamat email anda untuk selalu update berita, kegiatan dan aktifitas dari Center of Waste Management Indonesia

Jejaring Sosial