Bahaya Plastik

 

Tahukah kamu bahwa sampah plastik dapat mencemari lingkungan?

Ya, sampah plastik dapat mencemari lingkungan apabila tidak ditangani dengan baik. 

Berdasarkan data statistik persampahan di Indonesia tahun 2008, komposisi sampah plastik mencapai 14% dan diprediksi akan terus meningkat akibat perkembangan teknologi dan peningkatan pola konsumsi di Indonesia. Sampah plastik mengalami peningkatan sebesar 11% dalam rentang waktu tahun 1989-2006. 

Plastik merupakan material yang sangat bermanfaat karena mudah diproses dan luas dalam pengaplikasiannya.  Plastik memiliki sifat tahan lama, ringan, dan murah biaya produksinya. Sifatnya yang tahan lama membuat plastik sulit untuk terdegradasi di alam.

Sampah plastik memiliki beberapa dampak bagi kesehatan manusia dan lingkungan karena mengandung beberapa senyawa berikut :

• Toxic monomer

Plastik/polymer tersusun dari monomer-monomer , beberapa jenis plastik seperti PVC (Poly Vinyl Chloride) dan polystyrene menghasilkan toxic monomer yang   berpotensi  menyebabkan kanker. Jenis plastik PVC harus mendapatkan penanganan khusus, karena dalam sebuah studi PVC mengandung monomer karsinogenik dalam   jumlah yang besar.

• Metal

  Dalam beberapa jenis plastik seperti mainan anak-anak ditemukan kandungan logam berat seperti kadmium, tembaga, seng, dan timbal yang bersifat   karsinogenik.

• Plastic additive

Plastik mengandung bahan kimia tambahan yang sangat beragam, namun yang paling berpengaruh terhadap kesehatan manusia dan lingkungan adalah sebagai berkut   :

  - Bisphenol A : dapat muncul dengan mudah dalam kondisi temperatur tinggi dan suasana perubahan asam. Menjadi faktor penyebab berbagai macam penyakit           seperti kardiovaskular, diabetes, dan permasalahan hormon.

  - Pthalates : banyak ditemukan dalam kemasan makanan. Zat ini dapat menyebabkan gangguan sistem endokrin

Oleh karena itu, penanganan sampah plastik penting untuk dilaksanakan agar sampah plastik tidak hanya ditimbun di landfill. Beberapa teknologi seperti daur ulang dan waste to energy dapat dimanfaatkan untuk menekan resiko negatif sampah plastik. 

 Sumber : DG Environment News Alert Service. (2011). Plastic Waste : Ecological and Human Health Impacts. European Commission 

 

Kontak Kami

Center of Waste Management Indonesia
Waste Treatment Center - Giriloka 1 & 2
Giriloka 1, Blok L, BSD City, Tangerang Selatan
Banten, 15322, Indonesia
  • Telp.: +62-21-29505871 / +62-21-29168714

Subscribe

Silahkan masukan alamat email anda untuk selalu update berita, kegiatan dan aktifitas dari Center of Waste Management Indonesia

Jejaring Sosial